Rahasia Karius Gagalkan Penalti Harry Kane

Kiper Liverpool FC, Loris Karius, menjadi pahlawan tim saat menahan imbang Tottenham Hotspur dengan skor 2-2 pada laga pekan ke-26 Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (4/2/2018).

Pada pertandingan tersebut, Liverpool berhasil unggul dua kali melalui gol Mohamed Salah pada menit ketiga dan 90+1′.

Namun, Tottenham Hotspur juga berhasil dua kali menyamakan kedudukan melalui gol Victor Wanyama (menit ke-80) dan eksekusi penalti Harry Kane (90+5′).

Pada pertandingan tersebut, terjadi dua kontroversi yang dilakukan wasit Jonathan Moss dengan memberikan dua penalti kepada Tottenham Hotspur pada menit ke-87 dan 90+5′.

Penalti pertama diberikan Moss kepada Tottenham Hotspur setelah kiper Loris Karius dianggap melakukan pelanggaran kepada Kane yang sudah terlebih dahulu berada di posisi off-side.

Sementara itu, yang kedua diberikan Moss setelah bek Liverpool, Virgil van Dijk, dianggap melakukan pelanggaran kepada Erik Lamela di area terlarang.

Beruntung bagi Liverpool, dari dua eksekusi yang dilakukan Kane, hanya ada satu yang berbuah gol dan membuat skor menjadi 2-2.

Karius berhasil menjadi penyelamat dengan sukses menggagalkan penalti Kane yang pertama setelah mampu membaca bola yang mengarah ke tengah.

Seusai laga, Karius pun mengungkapkan kunci keberhasilan dirinya membaca arah bola, meski harus gagal pada penalti kedua.

“Saya selalu mengamati lawan sebelum pertandingan dan saya memiliki kesimpulan bahwa dalam pertandingan besar Kane cenderung menempatkan bola ke tengah dan saya berhasil menggagalkannya,” ucap Karius seperti dikutip BolaSport.com dari BBC.

“Sayangnya, untuk penalti kedua, dia melakukannya tanpa keraguan dan berhasil memasukkan bola ke dalam gawang,” ujarnya.

Hasil tersebut membuat Liverpool mengoleksi 51 poin dan gagal menjaga jarak dengan Manchester United di posisi kedua dengan selisih lima angka.

Posisi Liverpool di peringkat ketiga juga terancam disalip Chelsea yang baru memainkan laga di pekan ke-26 pada Senin (5/2/2018) di kandang Watford.